PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK (TOP TV) PADA PT. MNC SKY VISION KECEMATAN RENGAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Authors

  • zoher zoher Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian Produk (Top TV)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. MNC SKY Vision Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Pelaksanaan penelitian berlangsung lebih kurang selama 6 (Enam) bulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk (Top TV) pada PT. MNC SKY Vision Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu.

Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan tentang pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pembelian produk (Top TV) pada PT. MNC SKY Vision Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Dengan menganalisis data menggunakan regresi berganda, koefisien korelasi, dan uji Hipotesis yang nantinya dibantu dengan menggunakan SPSS versi 21.

Dari hasil penelitian dengan persamaan regresinya Y = 8,921 + 0,650X1 + 0,064 X2. a= konstanta sebesar 8,921 artinya keputusan pembelian produk (Top TV) adalah sebesar 8,921 apabila X1 (harga) dan X2(kualitas pelayanan) sama dengan 0 (nol). b1 =  koefisien regresi harga menunjukkan bahwa setiap peningkatan harga sebesar satu satuan dan variabel lain (kualitas pelayanan) tetap, maka akan terjadi peningkatan keputusan pembelian. b2 = koefisien regresi kualitas pelayanan  menunjukkan bahwa setiap peningkatan kualitas pelayanan sebesar satu satuan dan variabel lain (harga) tetap, maka akan terjadi peningkatan keputusan pembelian. Koefisien korelasi yang didapat memiliki hubungan yang sedang serta searah dan selanjutnya diuji dengan Koefisien determinasi berganda (R2) hal ini menunjukkan bahwa (X1) harga dan (X2) kualitas pelayanan secara bersama – sama dapat memberikan sumbangan terhadap variabel (Y) keputusan pembelian pembelian produk (Top TV) Dan sisanya di sumbangan oleh variabel lain. Uji hipotesis  F hitung > F tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya variabel harga dan kualitas pelayanan secara bersama – sama memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk (Top TV) pada PT. MNC SKY Vision Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu, dan berdasarkan uji parsial dimana t hitung > t tabel) maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk (Top TV) dan t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti kualitas pelayanan  memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pembelian produk (Top TV).

Downloads

Published

2020-02-07